Cara Menghasilkan Uang dari Internet Lewat Desain Grafis

Cara menghasilkan uang dari internet lewat desain grafis

Di zaman sekarang, menghasilkan uang dari internet memang bukan hal mustahil. Semua orang bisa berpenghasilan besar hanya dengan modal hp/laptop dan internet saja. Tapi tentu saja hal ini harus dibarengi dengan skill tertentu untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Salah satu skill yang “menjual” adalah desain grafis. Kalau kita menguasai skill desain grafis, maka tentunya jalan untuk menghasilkan uang dari internet akan semakin terbuka. Nah, di internet sendiri ada banyak cara untuk menghasilkan uang lewat desain grafis. Dalam tulisan ini, saya membaginya menjadi dua cara. Pertama adalah metode active income dan metode passive income. 

Perbedaan Active Income dan Passive Income

Sebelum lanjut, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui perbedaan active income dan passive income. Active income atau pendapatan aktif adalah pendapatan dari hasil kerja sehari-hari. Pendapatan ini akan berhenti jika kita berhenti bekerja juga. Contoh pekerjaan yang merupakan active income adalah Polisi, Dokter, Pengacara, dan lain-lain.

Sedangkan passive income atau pendapatan pasif pendapatan yang diperoleh tanpa harus bekerja. Kita akan terus mendapatkan penghasilan meskipun kita berhenti bekerja. Menurut Wikipedia, passive income adalah satu bentuk pendapatan yang akan diterima untuk kerja-kerja yang telah dilakukan sebelumnya. Pendapatan tersebut akan terus diterima walaupun kita telah berhenti mengerjakan kerja tersebut.

Contoh yang paling sederhana mungkin adalah usaha kos-kosan. Pada awalnya kita mungkin akan mengeluarkan banyak biaya, waktu, dan tenaga untuk membangun sebuah usaha kos-kosan. Akan tetapi setelah selesai, kita bisa mendapatkan penghasilan  terus-menerus bahkan sambil tidur-tiduran.
Dalam desain grafis, kedua cara ini bisa juga diterapkan. Bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini.

Menghasilkan Uang dari Internet Lewat Desain Grafis dengan Metode Active Income

Untuk bisa menghasilkan uang dari internet  lewat desain grafis dengan metode active income dapat dilakukan dengan bergabung di situs freelance. Situs freelance sendiri adalah platform yang bisa menghubungkan antara klien dan freelancer. Intinya, semua proses pekerjaan dari pengerjaan hingga pembayaran dilakukan lewat situs freelance ini.

Ada banyak keuntungan bekerja melalui situs freelance. Pertama tentu saja kita bisa mendapat waktu yang fleksibel saat bekerja. Keuntungan lainnya, adalah kita tidak punya kantor dan juga atasan.

Ada banyak pekerjaan yang bisa didapatkan dengan gabung ke situs freelance. Dan desain grafis adalah salah satu yang memiliki pasar yang cukup besar. Ada beberapa situs freelance yang bisa dicoba di antaranya: Fiverr, Upwork, Freelancer, Peopleperhour dan lain-lain. Sementara untuk situs freelance Indonesia adalah Sribulancer, Projects, Fastwork.

Menghasilkan Uang dari Internet Lewat Desain Grafis dengan Metode  Passive Income

Selain dengan cara active income, kita juga bisa menggunakan metode passive income untuk memperoleh penghasilan dari internet lewat  desain grafis. Dengan cara ini, kita hanya perlu kerja sekali dan bisa mendapatkan bayaran berkali-kali.

Bagaimana caranya? Berikut adalah dua cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan passive income dari internet lewat desain grafis.

Jual Template Desain

Dengan cara ini, kita hanya perlu membuat template desain kemudian menjualnya. Desain-desain seperti Business Card, Banner Ads, Brosur, Social Media Kit, dan lain-lain sangat banyak peminatnya. Nah, kita hanya perlu membuat template desainnya lalu menjualnya.

Di mana kita bisa menjual template desain tersebut? Ada banyak website yang bisa menjadi tempat penjualan template desain seperti Graphicriver.net, Creativemarket.com, Thehungryjpeg.com, Desaincuts.com, Etsy.com.  Setia ada yang mendownload desain-desain kita dari sana, maka kita akan mendapat bayaran sesuai harga yang kita tetapkan.

Gabung sebagai Kontributor di Agensi Microstock

Microstock adalah salah satu sistem bisnis jual-beli foto, vector, atau video dengan sistem royalti. Jadi, setiap ada yang mendownload desain kita, maka kita akan mendapatkan penghasilan dari royalti tersebut.

Penghasilan yang kita dapatkan sebenarnya terbilang kecil dengan sistem royalti ini. Berkisar 0.20 hingga 0.30 dollar saja setiap karya. Akan tetapi, jika karya -karya tersebut banyak yang download, misalnya hingga ribuan, kita tentunya akan mendapatkan penghasilan yang besar juga.

Agensi-agensi yang bisa dicoba untuk memulai menjual karya dengan microstock adalah Shuttersock, Freepik, Dreamstime, Depositphotos, 123RF, iStock, Adobe Stock, Pond 5.

*
Itulah dua cara untuk menghasilkan uang dari internet lewat desain grafis. Silakan dicoba dan dapatkan potensi penghasilan hingga ribuan dollar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghasilkan Uang dari Internet Lewat Desain Grafis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel