3 Cara Populer Menghasilkan Uang Dari Desain Grafis



Cara menghasilkan uang dari desain grafis






Di era sekarang, desain grafis menjadi salah satu yang hal yang dibutuhkan oleh dunia bisnis. Ini bisa dilihat dari banyaknya kebutuhan desain seperti banner promosi, desain website, infografis dan lain-lain.

Tak hanya itu, banyaknya pebisnis yang beralih dari offline ke online juga membuat kebutuhan desain grafis ini juga semakin meningkat.

Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari desain grafis? Berikut adalah 3 cara populer menghasilkan uang dari desain grafis:

Menjual Jasa Desain

Menjual jasa desain mungkin adalah cara paling populer menghasilkan uang dari desain grafis. Kita bisa menjual jasa desain melalui website freelance seperti Upwork, Fiverr, atau website freelance lokal seperti Projects.co.id, Sribulancer.com, dll.

Kalau menjual jasa desain melalui website di atas maka desain harus dibuat sesuai permintaan klien. Biasanya, klien akan memberikan brief desain yang mereka inginkan. Kemudian freelancer membuat desain sesuai permintaan si klien.

Harga jasa desain sangat bervariatif. Mulai dari satuan dollar hingga ratusan dollar.

Ikut Kontes Desain

Cara yang kedua adalah dengan mengikuti kontes desain. Dalam kontes desain, klien akan memberikan brief dan konsep desain yang mereka inginkan. Kemudian, jika kita tertarik untuk mengikuti kontes tesebut, maka kita bisa membuat desain sesuai dengan permintaan klien.

Dan karena ini kontes, maka tentu saja kita akan bersaing dengan puluhan, ratusan atau bahkan ribuan peserta lainnya. 

Kita bisa mendapatkan uang hadiah jika desain kita dipilih oleh klien sebagai pemenang. Namun jika tidak menang maka kita tidak dapat apa-apa. 

Hadiah mengikuti kontes desain sendiri mulai dari puluhan dollar hingga ribuan dollar.

Ada banyak situs kontes desain seperti: 99designs.com. Atau situs kontes desain lokal seperti: Sribu.com.

Menjual Stock Desain

Menjual stock desain adalah salah satu cara populer menghasilkan uang dari desain grafis. Cara ini sedikit berbeda dengan menjual jasa desain. Jika menjual jasa desain kira dituntut unruk mengikuti kemauan klien, maka dalam menjual stock desain kita hanya perlu membuat stock atau template desain lalu mengauploadnya ke situs stock desain seperti: Shutterstock, Freepik, dll.

Keuntungan dalam menjual stock desain adalah kita tidak perlu pusing memikirkan brief ataupun revisi dari klien. Kita cukup  focus membuat stock atau template desain yang banyak dan berkualitas.

Akan tetapi, menjual stock desain memlikik kekurangan, yaitu desain yang kita buat belum tentu bisa laku dipasaran.

Kita akan bisa mendapatkan uang jika desain atau template desain di download oleh pembeli.

Ini juga bisa menjadi cara menghasilkan passive income karena kita hanya perlu membuat desain sekali tapi bisa dijual berkali-kali.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk " 3 Cara Populer Menghasilkan Uang Dari Desain Grafis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel