Cara Menjadi Freelancer

Cara Menjadi Freelancer


Saat ini menjadi freelancer adalah salah satu model kerja yang mungkin banyak diimpikan oleh banyak orang. Bagaimana tidak, dengan bekerja sebagai freelancer kita bisa menghasilkan uang tanpa harus terikat oleh instansi pemberi kerja. Seorang freelancer bahkan bisa menghasilkan income puluhan hingga ratusan juta hanya dari rumah. Bagaimana para freelancer ini memulainya? Di bagian selanjutnya dari tulisan ini, penulis akan berusaha berbagi informasi seputar dunia freelance dan juga tips cara menjadi freelancer sukses yang mungkin bisa dicoba oleh para pemula.

Apa Itu Freelance?

Freelance adalah sebuah sistem kerja di mana orang yang bekerja tersebut tidak terikat dalam sebuah instansi atau perusahaan. Orang yang bekerja dengan sistem ini disebut freelancer atau dalam Bahasa Indonesia disebut pekerja lepas. Kenapa pekerja lepas? Ya karena memang tidak terikat apa-apa selain proyek kerja yang sedang dijalankan. Makanya sistem kerja seperti ini sangat mengasyikkan karena sangat merdeka dengan tidak adanya seorang atasan.

Ada banyak keuntungan bekerja sebagai freelance. Berikut adalah kelebihan bekerja sebagai freelancer

  1. Dapat bekerja di mana saja
  2. Tidak capek pulang pergi kantor
  3. Dekat dengan keluarga
  4. Tidak ada atasan
  5. Dapat mendirikan usaha sendiri
  6. Potensi penghasilan yang tak terbatas

Meski telihat menyenangkan, akan tetapi bekerja sebagai freelancer juga memiliki kekurangan. Yang paling gampang dilihat adalah, karena bekerja di rumah, maka interaksi dengan orang lain sangat sedikit. Tapi jika kita bisa mengatur waktu dengan baik maka hal ini mungkin bisa diatasi. Dan karena tidak memilki kantor dan sering bekerja di rumah, maka bekerja sebagai freelancer mungkin akan sering dianggap sebagai pengangguran oleh orang lain.

Perbedaan Remote Working dan Freelance

Selain freelance ada sistem kerja lain yang hampir mirip yakni remote working. Kedua sistem ini sering dianggap sama padahal keduanya berbeda. Keduanya sebenarnya memiliki persamaan yakni sama-sama sistem kerja secara online. Kedua sistem ini memanfaatkan internet untuk melakukan pekerjaan seperti berkomunikasi dengan klien, mengirim file, dan sebagaianya. Intinya kedua sistem tersebut tidak bertatap muka langsung dengan klien.

Tapi ada perbedaan yang sangat menonjol antara sistem kerja remote working dan freelance ini. Pada sistem kerja remote working, pekerjanya masih terikat di instansi atau perusahaan tertentu tapi tidak berkantor di sana. Dia bisa bekerja di mana saja tapi statusnya masih karyawan. Jadi remote working ini bisa dibilang adalah kerja online tapi full time berkerja pada sebuah instansi atau perusahaan.

Sementara itu, sistem kerja freelance berbeda. Sistem ini juga bekerja online tapi tidak terikat dengan instansi atau perusahaan. Sistem ini hanya bekerja berdasarkan sebuah proyek pekerjaan saja. Makanya freelance ini disebut kerja lepas karena memang pekerjaan yang diambil hanya part time. Setelah pekerjaan selesai maka selesai pula hubungan freelancer dengan instansi atau perusahaan tersebut.

Peluang Pekerjaan Freelance di Masa Sekarang dan Masa Depan

Pekerjaan sebagai freelancer bukanlah pekerjaan sesaat. Sistem kerja ini sangat punya potensi saat ini maupun di masa yang akan datang. Dan bukan tidak mungkin, di masa depan sistem kerja seperti ini akan banyak digunakan di instansi maupun perusahaan. Lalu bagaimana sebetulnya peluang pekerjaan freelance ini? Berikut adalah 3 alasan mengapa pekerjaan sebagai freelancer punya potensi di masa sekarang dan masa depan.

  1. Pekerjaan Freelance Bukan Pekerjaan Sesaat
    Pekerjaan freelance bukanlah trend sesaat. Sistem ini bahkan sudah ada sejak lama. Dan sekarang semakin berkembang dengan adanya internet. Kita bisa menemukan berbagai macam pekerjaan hanya dari rumah dengan menggunakan internet.
  2. Sistem Kerja yang Saling Menguntungkan
    Salah satu sistem kerja yang bertahan lama adalah yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Dan dalam sistem kerja freelance hal itu hadir. Sistem kerja ini saling menguntungkan kedua belah pihakm baik freelancer maupun klien. Freelancer memiliki jam kerja yang fleksibel dan bisa kerja di mana saja, sedangkan untuk klien tidak perlu menyewa kantor fisiki. Yang artinya akan menghemat biaya.
  3. Tidak Tergantikan Oleh Mesin
    Beberapa tahun ke depan, Artificial Inteligence (AI) atau kecerdasan buatan diperkirakan akan mengambil alih pekerjaan manusia. Tapi ada beberapa pekerjaan yang juga diperkirakan tak bisa digantikan oleh mesin. Salah satunya adalah pekerjaan di bidang kreatif. Nah, pekerjaan freelance sangat banyak berkaitan dengan pekerjaan kreatif misalnya desain grafis, video animasi, ilustrasi dan lain-lain yang tentunya tidak akan bisa digantikan oleh robot.

Tips Cara Menjadi Freelancer

Lalu bagaimana cara memulai karir di dunia freelance. Berikut adalah tips cara memulai freelancer yang semoga bisa diaplikasikan oleh para pemula di luar sana.

  • Pertama adalah tentukan kategori pekerjaan yang ingin dimasuki. Ada banyak kategori di luar sana yang bisa dicoba misalnya freelance di bidang desain grafis, bidang video editing, bidang kepenulisan, bidang data entry dan lain-lain. Pilihlah yang sesuai dengan apa yang dikuasai. Atau kalau belum menguasai sesuatu maka cobalah pilih bidang yang disukai.
  • Kedua, spesifikkan lagi kategori tadi dengan menentukan konsentrasinya. Misalnya, jika kita memutuskan untuk memilih terjun di kategori desain grafis, maka kita bisa mengkerucutkannya lagi menjadi desain grafis logo, atau desain grafis illustrasi hand drawing.

    Contoh lainnya misalnya memilih katergori programmer. Kita bisa memilih konsentrasinya seperti programming App Android.

    Dengan memilih konsentrasi ini, maka membuat pekerjaan yang kita tawarkan akan lebih spesifik, lebih unik, dan berbeda dari yang lainnya.

    Berikut adalah contoh-contoh kategori freelance dan konsentrasinya:
    -Desain Grafis => Desain Illustrasi
    -Desain Grafis => Desain Logo
    -Desain Grafis => Desain Packaging
    -Video => Animasi Expaliner
    -Digital Marketing => SEO
    -Dan lain-lain.

Nah itulah tips cara menjadi freelancer. Coba temukan apa yang Anda kuasai dan cobalah untuk terjun di sana. Atau kalau belum mengusai sesuatu coba masuk ke kategori yang Anda sukai. Setelah dapat, cobalah mulai buka jasa freelance.

Di internet sendiri ada banyak cara menjual kemampuan kita. Salah satu yang mungkin bisa dicoba adalah dengan bergabung di website freelancer seperti Fiverr, Upwork, atau website frelancer berbahasa Indonesia seperti Sribulancer, Fastwork, dan Projects.co.id


***


Bagi pembaca sekalian yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang dunia freelance, silakan gabung di Kelas Freelance. Di kelas tersebut akan diberikan panduan untuk menjadi seorang freelancer yang sukses.

KELAS FREELANCE adalah ecourse (kursus online) yang membahas tentang step by step membangun karir di dunia Freelance yang dimentori oleh Yoko Bomb, seorang freelance expert yang telah lebih dari 5 tahun menjadi freelancer.

Materi disampaikan melalui video yang bisa anda download maupun tonton secara langsung.

Ini adalah e-course pertama dan terlangkap yang membahas tentang freelance di Indonesia.


DAFTAR KELAS FREELANCE DI SINI atau silakan kontak via WA: 082346024505


Apa yang akan Anda dapatkan jika mengikuti kelas ini?

  • 150+ Video  Materi Utama
    Video materi bisa anda tonton langsung di member area, atau di download sehingga anda bisa menontonnya kapanpun anda mau.
  • Mega Bonus Senilai Rp 3.970.000
    Selain materi utama, anda juga akan mendapat MEGA BONUS senilai jutaan rupiah.
  • Akses Selamanya
    Tidak ada biaya bulanan. Tidak ada biaya tahunan. Cukup bayar 1 kali untuk akses materi seumur hidup.
  • Grup Khusus
    Anda mendapatkan akses ke group khusus Kelas Freelance dan bisa konsultasi selamanya.

Silakan  DAFTAR KELAS FREELANCE DI SINI atau silakan kontak via WA: 082346024505



 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjadi Freelancer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel