Perbedaan Vector dan Bitmap dalam Desain Grafis

Perbedaan vector dan bitmap


Dalam desain grafis, seringkali kita mendengar istilah vector dan bitmap. Kedua istilah itu tentu saja sangat familiar di telinga para desainer grafis. Bagaimana tidak, vector dan bitmap termasuk jenis grafis yang digunakan dalam membuat gambar digital. 

Memahami perbedaan keduanya merupakan kunci untuk bisa mendesain dengan baik karena dengan begitu, kita bisa melihat mana yang lebih pas untuk kita. Lalu apa sebenarnya perbedaan vector dan bitmap ini? 

Kalau merujuk dari Wikipedia, bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Sedangkan gambar vector adalah gambar yang menggunakan poligon dalam menciptakan gambar pada grafis komputer.

Sederhananya, bitmap adalah gambar yang tersusun dari kotak-kotak kecil atau yang biasa disebut pixel. Sedangan vector adalah gambar yang tersusun dari gabungan titik dan garis. 

Cara paling mudah membedakan gambar bitmap dan vector adalah dengan memperbesar gambarnya (zoom). Gambar bitmap ketika di-zoom maka terlihat pecah dan tampak kotak-kotak kecil. Sedangkan gambar vector, ketika di-zoom tidak pecah dan tidak mengalami perubahan. 

Perbedaan vector dan bitmap ketika di-zoom


Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai perbedaan vector dan bitmap:

Ukuran Dokumen

Vector dan bitmap memiliki perbedaan ukuran atau size. Format gambar bitmap memiliki ukuran yang lebih besar dari gambar vector.

Penyusun Gambar

Gambar bitmap disusun oleh pixel. Pixel sendiri adalah kumpulan kotak kecil yang memiliki warna. Susunan kotak kecil terebut akhirnya dapat membentuk gambar digital.

Sedangkan vector sendiri tidak memiliki pixel. Gambar vector tersusun atas kumpulan garis. 

Perbedaan Ketika di-Zoom

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gambar bitmap akan terlihat pecah ketika di-zoom. Hal itu karena pixel-nya akan terlihat semakin besar. Berbeda dengan vector yang ketika diperbesar maka gambarnya tidak akan pecah. 

Dalam hal ini, gambar vector memiliki keunggulan ketika gambar harus diperbesar berkali-kali karena kualitas gambar tak akan turun. 

Bentuk Dokumen

Bitmap dan vector memiliki bentuk dokumen yang berbeda. Bitmap bentuk dasarnya adalah Bitmap Image File (BMP). Tapi karena ukurannya yang besar, maka BMP sering diolah menjadi lebih ringan. Format file bitmap yang sering beredar adalah JPEG, PNG, dan GIF.

Sedangkan vector bentuk dokumennya adalah Scalable Vector Graphics (SVG).

Fleksibiltas

Apa bisa vector diubah ke bitmap? Tentu saja bisa. Kita cukup mengubah file SVG ke PNG atau JPEG. 

Lalu bagaimana dengan bitmap ke vector? Apa bisa diubah juga? Sangat bisa. Hanya saja akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Prosesnya disebut tracing. Tetapi terkadang hasilnya tak sebaik yang diharapkan.

Kegunaan

Gambr dengan format vector lebih cocok digunakan untuk desain ilustrasi seperti logo, infografis, tanda tangan digital dan lainnya.  Sedangakan gambar dengan format bitmap lebih cocok digunakan untuk gambar dengan banyak warna seperti foto. 

Nah, itulah perbedaan vector dan bitmap. Tak ada yang baik atau jelek antara kedua format gambar ini. Semuanya tergantung dari tujuan dan peruntukan untuk apa. 

Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih

***

Bagi pembaca sekalian yang ingin belajar desain grafis dari nol, bisa bergabung di Kelas Jago AI: Kelas Desain Grafis dengan Adobe Illustrator. Di kelas ini akan diberikan materi tahap demi tahap menguasai desain di Adobe Illustrator.


DAFTAR KELAS JAGO AI DI SINI atau silakan kontak via WA: 082346024505

Apa yang akan Anda dapatkan jika mengikuti kelas ini?

  • 50+ Video Materi Utama
    Materi dari level basic sampai Advanced Level. Sangat cocok untuk pemula.
  • Mega Bonus
    Anda akan mendapatkan 15 bundle mega bonus yang di antaranya berisi template animasi, template desain, karakter set, dan ratusan aset digital.
  • Akses Selamanya
    Tidak ada biaya bulanan. Tidak ada biaya tahunan. Cukup bayar 1 kali untuk akses materi seumur hidup.
  • Grup Khusus
    Anda mendapatkan akses ke group khusus member.


Silakan  DAFTAR KELAS JAGO AI DI SINI atau silakan kontak via WA: 082346024505



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk " Perbedaan Vector dan Bitmap dalam Desain Grafis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel